Jumat, 24 September 2021

Roti Tawar Sobek

Sudah lama sekali saya tidak menulis di blog ini. Sok sibuk alasan utamanya.  Kali ini saya akan mulai dengan menulis resep roti yang hampir setiap hari saya buat atas permintaan anak saya. Entah mengapa, anak saya tidak pernah bosan.

Sulung saya gemar menikmatinya dengan secangkir minuman favoritnya tanpa olesan selai sedikitpun. Sedang si Bungsu menikmati roti sobek ini dengan selai margarin yang juga jadi favorit saya. Roti ini lembut meski sudah berganti hari. Mudah, dan tidak capek sama sekali. Yuk, kita simak resepnya!




Bahan-bahan :

250 gram terigu protein tinggi (saya pakai cakra)

¼ sdt bread improover

3/4 sdm ragi instan 

2sdm gula pasir (sering saya skip)

150ml susu UHT cair (bisa diganti air putih)

1sdm butter

¼ sdt garam (kadang saya tidak pakai)

1 butir kuning telur


Olesan : 

2 sdm susu cair

Biji wijen secukupnya (boleh diskip)

1 sdm butter/margarin


Cara membuat :

  1. Campur semua bahan kering kecuali garam. Aduk rata dan buat cekungan di tengah. 

  2. Masukkan kuning telur di cekungan tersebut. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok atau spatula. 

  3. Masukkan margarin dan aduk perlahan. Terakhir masukkan garam. Untuk hasil lebih kalis dan tidak capek, mixer adonan dengan pengaduk kering hingga kalis.

  4. Istirahatkan adonan selama 20 menit. 

  5. Kempiskan adonan dan bagi menjadi  12 bagian. Terkadang saya bagi sampai 14 bagian. Tergantung dari loyang yang saya gunakan. 

  6. Bentuk bulatan di setiap bagian tadi dengan cara menarik adonan ke satu titik hingga membentuk bola. Gunakan silicon mat yang diolesi sedikit butter di atasnya sebagai alas untuk membentuk adonan.

  7. Pipihkan adonan, lipat sekali hingga membentuk setengah lingkaran. Panjangkan sama rata, dan tata di loyang yang telah diolesi butter. Lakukan hingga semua adonan bulat tertata di loyang.

  8. Istirahatkan selama 45 menit. 

  9. Oles atas roti dengan susu cair, beri taburan wijen di atasnya jika suka.




  10. Panggang roti di suhu 180® selama 30 menit dengan api atas bawah. 

  11. Setelah matang, olesi bagian atas roti dengan sedikit margarin. Dan roti sobek tawar siap dinikmati bersama selai favorit keluarga.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Suka nonton drama Korea? Atau suka masakan Korea?  Pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Kali ini saya memasak bersama gad...