Sabtu, 23 September 2017

SANTAN BLENDER

Pas kapan itu, aku butuh banget kelapa parut, jadilah aku pergi ke penjual kelapa parut. Rupanya di tempat langgananku lagi habis kelapanya. Untung deket komplek rumah banyak penjual kelapa parut. Singgahlah di salah satu tempat pemarutan kelapa. Nah pas yang jual lagi 'ngepruk" …. Halah….kok ngepruk ya…..haha, maksudnya mecahin kelapa, tuh baskom tempat kelapa parutnya keinjek sama ayam yang lewat situ. Nah sama yang jual Cuma dielap aja pake lap dekil. Eh habis itu ayamnya lewat lagi, sekarang solet nya jatuh, dan Cuma diketok-ketok lagi sama si penjual. Ya ampyuuuuuuun, langsung illfeel banget deh. Sampe rumah langsung tak buang. Mau tak masak kok rasanya gimana gitu. Nah selanjutnya aku dating ke tempat lain. Nggak ada ayam!! Aman!! Tapi aku amati tempat nggiling ma baskomnya nggak kalah dekil dari serbet yang buat ngelap meja. Owh…….akhirnya si kelapa parut berakhir lagi ke tempat sampah. Waktu itu aku butuh banget, akhirnya ke langgananku lagi, masih tutup. Bingung juga…..

Aha!! Akhirnya ingatlah aku dulu aku pernah disaranin sama tukang sayur waktu masih tinggal di Pasar Minggu Jakarta, kalo bikin santan tu mblender kelapa aja. Asal blender nya berkali-kali, hasilnya nggak kalah kok sama yang diparut. Jadilah aku ke pasar beli kelapa glindingan. Tak suruh ngerokin sekalian biar nggak item ampasnya.
Sampai di rumah langsung dieksekusi, dibikin santan dan sisanya buat stok. Hidup jadi terasa indah deh.

Ini gambar kelapa kerok yang belum diblender.

Ini kelapa yang sudah bersih dan siap diblender.

Ini saat di blender. Lakukan berkali kali ya muternya biar lembut. Kalo nggak lembut atau halus, santannya kurang kental. Biasanya kalo aku tak blender 5-6 kali.



Ini hasil blenderannya. Setelah disaring, bisa diperes dan ditambah air lagi tuk diperes lagi. Yah seperti bikin santan biasa itu. Mau seberapa tingkat kekentalannya, ya terserah kita.

Ini hasil peresan pertama dan kedua, bisa langsung dipakai. Tapi kalo yang di gambar, mau tak simpan di freezer. Oiya, kalo mau nyimpen di freezer, sesuaikan kebutuhan ya, jadi satu plastic tuk sekali masak aja ya. Sama lah kayak nyimpen daging gitu.

Nah, asyiknya kalo punya stok santan di freezer, setiap saat bias dipake tanpa perlu susah-susah nyantan dari awal. Dan satu nilai plus kalo kita bikin sendiri adalah terjamin kebersihannya.


1 komentar:

  1. terimakasih tips nya mba.
    barusan mau bikin santan juga nih pake blender, yg ada cuma kelapa bijian, males marut2.
    semoga berhasil. 😄

    BalasHapus

  Suka nonton drama Korea? Atau suka masakan Korea?  Pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Kali ini saya memasak bersama gad...